Aturan Main Simulasi Trading Saham yang Wajib Dipahami oleh Pemula!

1 min read

simulasi trading saham

Aturan Main Simulasi Trading Saham yang Wajib Dipahami oleh Pemula! Hakikatnya, kegiatan trading saham memang memungkinkan Anda untuk menjadi investor di berbagai perusahaan. Hal itu pun tentu dapat menjadi peluang untuk memperoleh profit yang besar. Meski demikian, keuntungan tersebut akan sulit diraih manakala Anda tidak memiliki pemahaman terkait aturan main dalam kegiatan trading.

Valuasi dan risiko menjadi hal pertama yang perlu dipahami bagi Anda para trader pemula. Hal tersebut karena nantinya Anda harus melakukan analisis strategi yang tepat agar bisa mendapatkan keuntungan. Oleh karena itu, pahami aturan main berikut agar kegiatan trading saham bisa lancar.

Inilah Aturan Main Simulasi Trading Saham

 

simulasi trading saham
simulasi trading saham

Telitilah dalam Memilih Perusahaan

Dikarenakan sudah ada semakin banyak perusahaan yang menyediakan kegiatan simulasi trading saham, maka pastikan bahwa perusahaan yang dipilih memang sudah terpercaya. Selain itu, pilihlah saham yang fundamentalnya baik dengan cara meneliti laporan keuangan dan laporan tahunan dari suatu perusahaan.

READ  Inilah Beberapa Daftar Software Pembuat Game PC

Proses analisa fundamental tersebut tidak sekadar dilakukan untuk mencari perusahaan yang terbaik melainkan juga untuk membeli saham perusahaan dengan harga yang bagus. Sebab, bagaimanapun juga kegiatan trading menuntut Anda untuk dapat membeli saham jika harganya rendah dan menjualnya pada saat harganya terbilang tinggi.

Hati-hatilah dalam Membeli Saham

Perlu diingat bahwa kegiatan simulasi trading saham hanya membutuhkan waktu singkat sehingga para trader sebaiknya tidak perlu berharap adanya dividen. Oleh karena itu, dalam melakukan trading, sebaiknya belilah saham dari perusahaan lapis kedua dan lapis ketiga. Selain itu, untuk memudahkan kegiatan trading, maka upayakan untuk membeli saham pada satu perusahaan saja.

Luangkan Waktu

Meski kegiatan trading cenderung bisa dilakukan secara fleksibel, tetapi meluangkan waktu lebih banyak untuk kegiatan ini tentu akan lebih baik. Hal tersebut agar Anda bisa menyaksikan kondisi harga saham per jam bahkan per menitnya. Pada akhirnya, hal itu akan membantu Anda untuk melakukan transaksi jual dan beli pada saat yang tepat.

READ  Daftar Free DownloadGame PC SmackdownIniMenarik untuk Kalian Coba

Miliki Harga Acuan

Para trader sebaiknya memiliki acuan harga tersendiri jika ingin mengambil keputusan untuk membeli atau menjual saham. Sebab, pergerakan harga dalam simulasi trading saham memang sangat tidak menentu. Jadi, Anda perlu memiliki harga tetap yang dapat dijadikan acuan. Adapun cara untuk menentukan harga adalah dengan membandingkan harga saham dari berbagai jenis perusahaan.

Pahami PBV dan PER dalam Simulasi Trading Saham

Price to book value atau PBV dan Price Earning Ratio atau PER dapat dijadikan sebagai indikator dalam menentukan harga saham. PBV sendiri memiliki rumus, yaitu harga saham perusahaan dibagi nilai buku. Hal tersebut benar-benar harus Anda pahami agar nantinya dapat memiliki acuan harga yang tepat dalam pembelian maupun penjualan saham. Perhatikan juga artikel menarik tentang resident evil 7 game PC requirements ini ya.

READ  Latar Belakang Melestarikan Butik Baju Wanita, Simak Yuk!

Pada dasarnya, kegiatan simulasi trading saham memang memiliki sejumlah aturan yang sudah sebaiknya dipahami sebelum terjung ke dunia tersebut. Hal tersebut agar Anda tidak perlu merasa terlalu bingung dengan sistem trading. Selain itu, pengetahuan yang baik tentang aturan main trading tentu akan membuat Anda lebih bijak pada saat harus mengambil keputusan untuk menjual atau pun membeli saham.

Demikian pembahasan tentang sejumlah aturan main yang harus dipahami dalam simulasi trading saham. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan dapat menjadi pedoman Anda pada saat sudah memantapkan diri untuk menjadi seorang trader saham.